01 Januari 2009

Matangkan Strategi

PALEMBANG (SINDO) – Mundurnya jadwal putaran kedua Liga Super dimanfaatkan Pelatih SFC Rahmad ‘RD’ Darmawan untuk mematangkan strategi dan fisik anak asuhnya.

Dari hasil pertandingan uji coba melawan Persita Tangerang dan UNJ pekan lalu, masih banyak kelemahan yang harus dibenahi Rahmad. Sebab, menurut RD, setelah lama tidak bertanding, anak asuhnya terlihat kaku, khususnya ketika menghadapi serangan balik cepat lawan. ”Anak-anak masih terlihat kagok menjalankan instruksi saya. Kurang gereget! Untuk itulah nanti ketika semua berkumpul lagi kami akan benahi semuanya,” ujarnya.

Saat ini, lanjut RD, karena jadwal resmi Liga Super putaran kedua diundur hingga waktu yang belum ditentukan. Manajemen memberikan tambahan waktu libur kepada pemain hingga 5 Januari mendatang. Setelah itu semua pemain wajib berkumpul di Palembang untuk kembali menjalankan latihan dan berbagai program SFC lainnya. ”Kami memang masih butuh beberapa uji coba lagi untuk memantapkan strategi. Mengenai lawan siapa, nantilah kami sesuaikan dengan budget manajemen,” katanya.

Adanya empat punggawa Laskar Wong Kito–julukan SFC– yang dipanggil timnas untuk Pra-Kualifikasi Piala Asia 2010 Qatar, RD menegaskan tidak terlalu mengganggu persiapan timnya. Hal itu lantaran adanya regulasi yang memperbolehkan pemain klub yang berada di timnas dipinjam ketika klub melakoni pertandingan. Namun, jika jadwal klub berbenturan dengan jadwal timnas, pihaknya akan mengajukan pengunduran jadwal kepada Badan Liga Indonesia(BLI). ”Bagaimanapun, pemain kami yang dipanggil ke timnas adalah pemain kunci di posisinya masing-masing. Namun, kami juga siapkan alternatif lain seperti menyiapkan pemain untuk mengisi posisi yang ditinggalkan pemain tersebut,” tuturnya.

Sementara itu, Pelatih Fisik SFC Satia Bagdja Ijatna mengatakan, pengunduran jadwal Liga Super putaran kedua bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan kondisi fisik pemain SFC yang saat ini menurun karena liburan. Namun, untuk sementara program latihan belum berjalan karena para pemain SFC belum semuanya berkumpul di Palembang. ”Sebagian sudah di Palembang, tapi sebagian lagi masih liburan. Memang, untuk fisik, para pemain masih perlu perbaikan setelah mereka libur sejak selesainya putaran pertama kemarin,” tandasnya. (iwan setiawan)


Tidak ada komentar: