07 Oktober 2008

Aktivitas Perbankan Mulai Diserbu Nasabah

PALEMBANG (SINDO) – Setelah libur Lebaran selama sepekan, aktivitas perbankan ramai diserbu nasabah.

Kepala Layanan BCA Kantor Cabang Utama Palembang Chandra Kesuma mengatakan, kebanyakan nasabah yang datang untuk menyetor uang tabungan. “Sebab, aktivitas pelayanan terhenti selama sepekan sehingga penumpukan nasabah tidak terhindarkan,”katanya kemarin.

Untuk mengatasinya, pimpinan telah menginstruksikan penambahan teller untuk mengantisipasi antrean nasabah. “Meski ramai, masih bisa kami atasi antrean yang terjadi. Selain di KCU, kami juga memaksimalkan kantor cabang pembantu untuk menerima setoran nasabah,”ujarnya lagi.

Chandra menyatakan, pihaknya pun memaksimalkan pengamanan di tiap kantor cabang dengan ramainya aktivitas nasabah. Selain dari anggota satpam BCA, pengamanan dari aparat kepolisian juga disiagakan. “Semaksimal mungkin kami memberikan kenyamanan dan pelayanan kepada
nasabah selama mereka di kantor kami,”tuturnya.

Sementara itu, Branch Manager PermataBank Syariah Palembang Herlina Iskandar mengatakan, transaksi pada hari pertama kerja pasca libur Lebaran kemarin didominasi setoran. Selain itu, banyak pula calon nasabah yang datang untuk mendapatkan informasi mengenai layanan PermataBank Syariah. “Sebagian nasabah menyetor tabungannya. Sebagian lagi ingin mencari informasi mengenai program kami,khususnya KPR berbasis syariah,”katanya. (iwan setiawan)

halaman 22

Lonjakan Call XL Hingga 870 Juta

PALEMBANG (SINDO) – PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) sukses melayani pelanggan jelang dan selama Lebaran tahun ini.Terbukti saat terjadi lonjakan traffic panggilan keluar tertinggi hingga 149% atau mencapai 870 juta panggilan pada saat Idul Fitri 1 Syawal 1429 H, jaringan XL tetap normal.

GM Corporate Communications XL Myra Junor mengatakan, lonjakan traffic short message service (SMS) mulai terjadi pada H-2 hingga puncaknya H-1. Namun, sejak dua tahun ini, lonjakan traffic panggilan voice lebih tinggi daripada traffic SMS, yang mana pelanggan XL ternyata lebih banyak menelepon. “Hal ini terjadi karena dipicu promo tarif telepon yang dikeluarkan XL bagi pelanggan XL prabayar maupun XL pascabayar,” ujarnya dalam pers rilis kepada SINDO kemarin.

     

Lebih lanjut Myra menambahkan bahwa dibandingkan tahun lalu,lonjakan panggilan voice mulai terasa pada H-2. Puncak peningkatan traffic panggilan terjadi pada hari H atau Lebaran hari pertama (1/10) hingga 149% atau sekitar 870 juta panggilan dibandingkan tahun lalu yang mencapai hampir 350 juta panggilan. Sementara, pada H-1 Lebaran (30/9) terdapat peningkatan traffic panggilan 143% atau sekitar 850 juta panggilan dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 350 juta panggilan.

Sementara itu,Direktur Network Service Dian Siswarini menjelaskan, traffic SMS hari-hari normal pada jam sibuk mencapai 60 juta per hari, sedangkan traffic panggilan keluar rata-rata (out going call) adalah 380 juta per hari.Menurut dia, peningkatan traffic selama Hari Raya Idul Fitri 1429 H ini sudah diprediksi akan mengalami lonjakan. (iwan setiawan)

halaman 22