07 Oktober 2008

Lonjakan Call XL Hingga 870 Juta

PALEMBANG (SINDO) – PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) sukses melayani pelanggan jelang dan selama Lebaran tahun ini.Terbukti saat terjadi lonjakan traffic panggilan keluar tertinggi hingga 149% atau mencapai 870 juta panggilan pada saat Idul Fitri 1 Syawal 1429 H, jaringan XL tetap normal.

GM Corporate Communications XL Myra Junor mengatakan, lonjakan traffic short message service (SMS) mulai terjadi pada H-2 hingga puncaknya H-1. Namun, sejak dua tahun ini, lonjakan traffic panggilan voice lebih tinggi daripada traffic SMS, yang mana pelanggan XL ternyata lebih banyak menelepon. “Hal ini terjadi karena dipicu promo tarif telepon yang dikeluarkan XL bagi pelanggan XL prabayar maupun XL pascabayar,” ujarnya dalam pers rilis kepada SINDO kemarin.

     

Lebih lanjut Myra menambahkan bahwa dibandingkan tahun lalu,lonjakan panggilan voice mulai terasa pada H-2. Puncak peningkatan traffic panggilan terjadi pada hari H atau Lebaran hari pertama (1/10) hingga 149% atau sekitar 870 juta panggilan dibandingkan tahun lalu yang mencapai hampir 350 juta panggilan. Sementara, pada H-1 Lebaran (30/9) terdapat peningkatan traffic panggilan 143% atau sekitar 850 juta panggilan dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 350 juta panggilan.

Sementara itu,Direktur Network Service Dian Siswarini menjelaskan, traffic SMS hari-hari normal pada jam sibuk mencapai 60 juta per hari, sedangkan traffic panggilan keluar rata-rata (out going call) adalah 380 juta per hari.Menurut dia, peningkatan traffic selama Hari Raya Idul Fitri 1429 H ini sudah diprediksi akan mengalami lonjakan. (iwan setiawan)

halaman 22

Tidak ada komentar: