03 Januari 2009

Atasi Antrean,Pertamina Tambah Jam Pelayanan

Sejumlah sopir angkutan gas 3 kg di stasiun pengisihan dan pengangkutan elpiji Pertamina di PT Kalindo kemarin.

PALEMBANG
(SINDO) – Pertamina akan memberlakukan overtime (waktu tambahan) bagi proses pengisian gas elpiji di stasiun pengisian bahan bakar elpiji (SPBE). Hal itu dilakukan sebagai upaya meminimalisasi penumpukan kendaraan agen elpiji di SPBE.

Hari libur nasional Tahun Baru, 1 Januari 2009, membuat para agen elpiji tidak bisa mengisi tabung-tabung mereka yang kosong. Penyebabnya, SPBE tempat mereka mengisi tutup karena pegawainya libur. Hal itu menyebabkan antrean ratusan kendaraan agen elpiji tidak terelakkan, Jumat (2/1). Seperti yang tampak di SPBE Kalindo Matesu Gautama, JalanTanjung Api-Api No. 2864. Puluhan kendaraan dari masing-masing agen elpiji tampak keluar-masuk untuk mengisi ratusan tabung, baik ukuran 3 kg, 12 kg, maupun 50 kg. Namun, ketika SINDO hendak menemui pemilik SPBE untuk mengonfirmasi antrean yang terjadi, beberapa anggota satpam perusahaan melarang. Menurut seorang anggota satpam, jika mau konfirmasi harus seizin pihak Pertamina terlebih dahulu. “Lagi pula bos sedang ada urusan keluar,” ujar satpam yang tidak bersedia menyebutkan namanya.

Dari informasi yang dikumpulkan di lapangan, antrean kendaraan di SPBE Kalindo telah terjadi sejak pagi kemarin. Bahkan, kendaraan dari satu agen bisa 2–3 kali kembali ke SPBE untuk mengisi tabung elpiji kosong. Hingga menjelang sore, antrean kendaraan pengangkut tabung gas elpiji tetap memadati halaman parkir SPBE Kalindo.

Dihubungi terpisah, External Relation Officer PT Pertamina (Persero) UPms BBM Retail Region II Roberth MV mengakui adanya antrean di SPBE. Hal itu disebabkan adanya peningkatan permintaan setelah libur Natal dan Tahun Baru. Mengantisipasi agar tidak terjadi kelangkaan elpiji di masyarakat, Pertamina akan menambah jam layanan pengisian di SPBE. Roberth menyatakan, untuk Jumat (2/1), pihaknya akan melayani pengisian gas elpiji, khususnya di SPBE Pulau Layang (milik Pertamina) hingga pukul 23.00 WIB. Sedangkan Sabtu (hari ini), SPBE akan melakukan aktivitas pengisian seperti hari biasa. “Untuk Sabtu, kami akan tetap buka SPBE dan kalau masih ada permintaan dari agen, pengambilan pada Minggu besok juga akan dilayani. Pertamina berupaya agar distribusi pasokan elpiji ke masyarakat lancar karena stok elpiji sendiri masih sangat mencukupi,” tandasnya. (iwan setiawan)

foto : ahmad junaidi

2 komentar:

Anonim mengatakan...

permisi kang selamat malam dan salam kenal dari-ku... sukses selalu ...

Anonim mengatakan...

Selamat malam... diawali dengan perkenalan...
selamat tahun baru 2009..
have a nice day...