05 Desember 2008

2008, Okupansi Hotel Capai 90%

PALEMBANG (SINDO) – Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan (Sumsel) memprediksi tingkat hunian (okupansi) di Sumsel mencapai 90%. Pencapaian itu terbantu dengan gencarnya kegiatan yang diselenggarakan di Palembang dan Sumsel umumnya.

Ketua BPD PHRI Sumsel Iwan Setiawan mengatakan, maraknya kegiatan berskala regional, nasional, maupun internasional, yang digelar di Sumsel khususnya Palembang, membuat okupansi hotel mencapai 85%–90%. “Kondisi Palembang dan Sumsel secara umum yang kondusif membuat orang tertarik untuk mengadakan kegiatan di sini,” ujarnya kepada SINDO kemarin.

Menurut Iwan, pada 2008 ini, tingkat pertumbuhan hotel baru di Sumsel tidak terlalu banyak. Sekurangnya hanya ada penambahan lima hotel baru yang tercatat di PHRI Sumsel. Namun dia menyebutkan, pada 2009 mendatang, sudah ada empat hotel yang siap beroperasi di Palembang, di antaranya Aston Quest dan Agra Hotel dengan kelas bintang tiga. “Dengan siap beroperasinya hotel-hotel baru ini membuktikan bahwa kondisi perekonomian Sumsel masih dalam kondisi baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Public Relation Hotel Horison Palembang Prayudi Tama mengaku, beroperasinya hotel-hotel baru tersebut tidak akan terlalu berpengaruh terhadap kondisi hotelnya. Sebab, selain memiliki perbedaan segmen pasar, Hotel Horison juga sudah memiliki pelanggan tetap yang loyal. “Kalau persaingan untuk meraih konsumen pastinya tetap ada. Tapi, saya yakin konsumen akan tetap memilih hotel yang bisa menghadirkan layanan prima kepada mereka,” tuturnya. (iwan setiawan)


Tidak ada komentar: