09 Oktober 2008

Aktivitas Sekuritas Alami Penurunan

PALEMBANG (SINDO) – Krisis finansial global yang terjadi memaksa otoritas bursa menutup sementara transaksi saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) kemarin siang. Meski tidak terpengaruh, beberapa perusahaan sekuritas di Palembang ikut menghentikan aktivitas.

Kepala Cabang Trimegah Securities Palembang Dodi Kaswara mengatakan, pasca penutupan transaksi saham BEI kemarin siang, transaksi di kantornya menurun drastis. Bahkan, untuk semua transaksi penjualan saham ditahan dulu sampai kondisinya menunjukkan perbaikan. “Meski dampaknya tidak terlalu besar, penutupan mendadak BEI kemarin tetap ada imbasnya. Para investor kita juga menjadi agak khawatir dan ragu-ragu untuk melakukan transaksi pembelian saham,” ujarnya kemarin.

Menurut Dodi, saat ini yang bisa dilakukan adalah menunggu kelanjutan dari krisis finansial yang terjadi di beberapa negara itu, apakah bergulir menjadi krisis ekonomi global atau sekadar skenario para bankir di negara-negara besar itu. Sebab, kalau krisis ekonomi global ini ternyata sebuah krisis, proses pemulihannya memakan waktu lama.

Kepala Cabang Sarijaya Securities Palembang Dwi Mulyadi menyampaikan hal yang sama. Menurut Dwi, sejak transaksi BEI ditutup, para investor sempat menanyakan langkah yang harus diambil. Sebab, kondisi saat ini belum jelas dan masih simpang siur sehingga pihaknya menyarankan para investor tetap tenang dan menunggu. “Kita hanya bisa meminta mereka untuk menunggu sambil terus memantau informasi terbaru ,”tuturnya. (iwan setiawan) 

halaman 22

Tidak ada komentar: