06 Oktober 2011

Diharapkan Mengutamakan Kenyamanan Penumpang

INASOC BERI PEMBEKALAN ABANG BECAK SEBAGAI DUTA SUMSEL

Sebanyak 300 abang becak dari seluruh penjuru Kota Palembang tumplek blek di Gedung Dharma Wanita, Jalan Rajawali, Palembang, kemarin sore. Secara seksama mereka menyimak pembekalan seputar SEA Games XXVI oleh Inasoc Sumsel.

Dalam materi yang disampaikannya, Ketua Bidang Transportasi SEA Games XXVI di Sumsel, Firman Santia Budi meminta kepada abang becak yang terpilih bertugas melayani tamu selama SEA Games agar selalu menaati peraturan lalu lintas, menjaga kerapihan, kebersihan dan mengutamakan kenyamanan penumpang. “Saya ingatkan kepada teman-teman abang becak, selagi bertugas diharapkan sebisa mungkin berlaku sopan santun terhadap para tamu negara yang dilayani nanti. Sebab bukan hanya atlet, ofisial dan panitia yang harus dilayani. Tapi bisa saja nanti ada menteri, pengusaha atau pejabat penting negara-negara ASEAN yang akan minta diantarkan ke venues di komplek Jakabaring Sport City (JSC),” ujar Firman kemarin.

Selain itu Direktur Lalu Lintas Polda Sumsel ini juga meminta para abang becak bisa merapikan tampilan becaknya. Bisa dengan pengecatan maupun dipasang banner atau stiker terkait SEA Games XXVI. “Nanti juga akan diberi nomor lambung becak yang beroperasi di JSC. Selain untuk mengantisipasi becak susupan, nomor itu untuk identifikasi seandainya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.
 
Menurut Firman, 300 becak itu akan disebar ke 12 venue yang ada di JSC. Mengenai pembagiannya akan dilakukan selanjutnya. “Becak yang ada di dalam area JSC hanya bertugas melayani transportasi atlet, ofisial, pelatih dan tamu VIP serta VVIP. Sedangkan untuk penonton tidak ada kewajiban untuk diangkut,” tutur Firman. 

Dia menambahkan, sebagai duta wisata Sumsel, para abang becak itu juga diharapkan dapat memperbaiki cara berkomunikasi. “Bagi yang tidak bisa berbahasa Inggris diharapkan dapat menggunakan bahasa-bahasa isyarat yang sopan. Jangan lupa selalu tersenyum saat orang mendekat dan berbicara juga dengan lemah lembut jangan membentak atau tinggi nada suaranya,” terangnya.

Seperti diketahui, Inasoc Sumsel menyediakan fasilitas berbagai kendaraan ramah lingkungan di dalam komplek JSC. Hal itu guna menunjang SEA Games XXVI bebas polusi. “Kawasan JSC hanya boleh dilalui oleh kendaraan berbahan bakar gas yang lebih ramah lingkungan. Selain itu kendaraan yang diizinkan beroperasi di JSC hanya sepeda, becak dan golf car,” ujar Ketua Inasoc Sumsel Muddai Madang.●iwan setiawan

Tidak ada komentar: