10 Januari 2010

Komitmen PT SB Bangun Sarana Olahraga

PALEMBANG(SI) – PT Semen Baturaja (persero) melalui program corporate social responsibility (CSR) membangun fasilitas lapangan tenis di Kompleks Semen Baturaja, Jalan Kenten Barat Baru, Palembang. Bahkan, pada tahun mendatang Badan Usaha Milik Negara (BUMN) produsen semen ini merencanakan membangun beberapa fasilitas olahraga lain.

Hal itu disampaikan Direktur Utama PT Semen Baturaja (persero) Pamudji Rahardjo seusai meresmikan penggunaan lapangan tenis milik PT Semen Baturaja kemarin pagi. Menurut Pamudji, dibangunnya lapangan tenis ini dimaksudkan untuk memanfaatkan lahan kosong di dalam Kompleks Semen Baturaja. Selain itu, kegiatan ini dikaitkan pula dengan program kesehatan usaha, yakni seluruh faktor produksi termasuk sumber daya manusia harus sehat. Salah satu caranya adalah rajin berolahraga. Karena itu, manajemen memutuskan untuk membangun fasilitas olahraga. ’’Awalnya memang kami membangun lapangan tenis karena kondisi disini cocok untuk olahraga ini. Ke depan tidak tertutup kemungkinan kami juga akan membangun fasilitas olahraga lain, seperti lapangan badminton dan futsal. Akan tetapi, tentunya pembangunan itu disesuaikan kemampuan perusahaan. Kebetulan tahun lalu dan prediksi tahun ini kondisi keuangan memungkinkan, ya akhirnya dianggarkan untuk membuka lahan di sini dan dibangun lapangan tenis,” ujar Pamudji.

Menurut Pamudji, pemanfaatan
lahan kosong ini sebagai bukti keseriusan PT Semen Baturaja (persero) untuk menata lingkungan di kompleksnya. Sebab sebelum dibuka, lahan tempat berdirinya lapangan tenis ini merupakan rawa dan semak belukar yang menjadi sarang nyamuk. ’’Awalnya kami lihat tanah ini tidak terpakai karena cuma rawa-rawa dan banyak nyamuknya. Selain tidak enak dipandang, kalau dibiarkan, sama saja membiarkan sumber penyakit. Jadi, lebih baik seperti ini kan. Dibuka, dibangun fasilitas olahraga dan bermanfaat bagi orang banyak,” tuturnya.

Untuk memaksimalkan manfaat fasilitas olahraga yang telah ada ini, pengelolaannya diserahkan kepada staf khusus. Lapangan ini sendiri boleh dipergunakan oleh karyawan PT Semen Baturaja (persero) dan stake holder. ’’Semua boleh pakai kok, asal jadwalnya diatur lebih dulu biar tertib. Intinya, dengan adanya fasilitas olahraga ini diharapkan menjadi jembatan silaturahmi dan komunikasi antara Semen Baturaja dan stake holder, termasuk wartawan. Soalnya kalau secara formal sulit sekali mencari waktu ketemu, iya gak? Nah, kalau sambil santai dan berolahraga kan lebih enak,” katanya.

Sementara itu, Ketua Badan Pembina Olahraga (Bapor) PT Semen Baturaja (persero) Sutarwo mengatakan, sesuai instruksi dari direktur utama, maka ke depan Bapor akan menyediakan pelatih tenis lapangan sebagai paket tak terpisahkan dari pembangunan lapangan ini. (iwan setiawan)

Tidak ada komentar: