08 Januari 2010

Bergantung Pemain Timnas

PALEMBANG (SI) – Meski memiliki sejumlah pemain berkualitas, Sriwijaya FC (SFC) masih sangat bergantung kepada pemain berlabel timnas. Pelatih Rahmad ’RD’ Darmawan mengakui hal itu.

Menurut RD, menghadapi padatnya jadwal Liga Super musim ini, mau tidak mau Laskar Wong Kito, julukan SFC, masih sangat membutuhkan tenaga pemain yang memperkuat timnas. Meski secara kualitas pemain pelapis yang dimiliki tim ini tidak jauh berbeda, RD tetap melihat ada kelebihan yang dimiliki pemain timnas dibanding pemain biasa. ’’Secara mental, pemain timnas memiliki kepercayaan diri lebih baik. Hal itulah yang diharapkan mampu ditularkan kepada rekan-rekannya di tim,” ujar RD.

Pelatih kelahiran Metro, Lampung, 43 tahun silam ini mengatakan, peran pemain timnas dalam tim sebagai penyeimbang kekuatan tim. ’’Pemain kami yang tidak dipanggil timnas memiliki kebugaran lebih baik. Disokong pengalaman dan ketenangan pemain timnas, tentu akan menjadi kekuatan tersendiri bagi tim ini menghadapi lawan-lawannya,” katanya.

Saat timnas Indonesia dikalahkan 1-2 oleh Oman di laga lanjutan Pra-Piala Asia 2011 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (6/1), dari enam pemain SFC yang dipanggil, hanya empat pemain yang diturunkan. Mereka adalah Charis Yulianto, Christian Worabay, Ponaryo Astaman, dan Isnan Ali. Dari empat pemain itu, hanya Isnan yang ditarik keluar pada menit ke-66. Sementara tiga pemain lainnya bermain penuh 90 menit. Dua pemain SFC lain, Ferry Rotinsulu dan Muhammad Nasuha, tidak diturunkan sama sekali. Sama seperti Charis, tandemnya di lini belakang Laskar Wong Kito, Precious Emuejeraye, yang memperkuat timnas Singapura menghadapi Iran di ajang yang sama pun bermain penuh 90 menit. Jelas hal ini menjadi pertimbangan tersendiri bagi RD untuk bijak menentukan pemain mana yang akan diturunkan saat menjamu PSPS Pekanbaru besok. Sebab, pertandingan berikutnya juga tidak kalah ketat karena SFC harus menjamu Persija Jakarta. ’’Kami akan melihat siapa pemain yang ada dalam kondisi terbaik. Selanjutnya saya juga akan melihat kebugaran pemain yang seusai bergabung dengan timnas,” tutur mantan pelatih Persipura Jayapura ini.

Sementara itu, Charis, kapten timnas Indonesia yang juga andalan RD di lini belakang SFC ini mengatakan, faktor kelelahan seusai membela timnas sedikit banyak berpengaruh terhadap performa pemain ketika membela klub. Namun sebagai profesional, dia mengaku tidak terlalu mempersoalkan hal itu. Sebab sebagai pemain, dia harus siap menjaga kondisi fisik dan kebugaran. (iwan setiawan)

Tidak ada komentar: