09 Maret 2009

Bajaj Gelar Parade Motor Irit

Komunitas pemeilik motor Bajaj mengadakan touring keliling Kota Palembang dengan menggunakan 1 liter bensin per motor, kemarin.

PALEMBANG (SINDO) – Motor peraih penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dalam kategori motor paling irit di kelas motor sport dipamerkan di pelataran Palembang Trade Centre (PTC) kemarin. Motor fenomenal tersebut adalah Bajaj XCD 125 DTS-Si yang merupakan produksi Bajaj Auto.

Puluhan pengunjung mal terlihat antre untuk mendapatkan kesempatan menjajal motor yang memiliki performa mesin 125 cc itu. Bukan hanya tarikan mesin saja yang hendak ditunjukkan pabrikan motor India ini, melainkan juga konsumsi bahan bakarnya yang irit. “Krisis energi dunia telah menghadirkan tantangan baru bagi produsen untuk menghadirkan produk yang tetap memiliki performa mesin tinggi namun hemat bahan bakar. Untuk Bajaj XCD 125 DTS-Si ini secara rata-rata dari hasil uji coba mampu menempuh jarak 104 km dengan hanya 1 liter bensin,” ujar Marketing Promotion PT Bajaj Auto Indonesia, Budi Kurniawan.

Menurut Budi, motor yang diluncurkan pada Juni 2008 lalu ini menggunakan teknologi mutakhir yaitu Digital Twin Spark Swirl induction (DTS-Si). Teknologi tersebut ungkap Budi, mengutamakan keseimbangan antara tenaga yang dihasilkan dan efesiensi konsumsi bahan bakar. Sehingga pembakaran didalam mesin lebih cepat dengan gerakan pembakaran yang melingkar seperti gerakan turbulensi. Hal inilah yang membuat pembakaran menjadi sempurna dan efesiensi optimal dalam pemakaian bahan bakar. “Kegiatan ini kita selenggarakan agar masyarakat bisa mengetahui lebih dekat dan mencoba sendiri motor yang kita pasarkan. Karena kami memberi bukti bukan janji,” ucapnya berpromosi.

Budi menerangkan, dalam rangkaian promosi dan sosialisasi Bajaj XCD 125 DTS-Si, BAI menggelar roadshow ”Bajaj XCD 125-Extreme Mileage Challenge” di delapan kota di Sumatera. Setelah sukses di Lampung, Batam, Kisaran, Bengkulu, Pekanbaru, dan Jambi. Roadshow yang berakhir 8 Maret 2009 ini ditutup di Medan dan Palembang. “Secara nasional produk kami sudah terjual hingga 30.000 unit sejak tahun 2005 diluncurkan. Cukup baik growth penjualan kita. Bahkan target 2009 ini kami mengincar 20 persen pangsa pasar motor sport di Indonesia,” tukasnya.

Sementara itu Direktur Utama PT Sugih Perdana Wisesa, Sugih Sutjiono mengatakan, rangkaian kegiatan ”Bajaj XCD 125-Extreme Mileage Challenge” di Palembang berlangsung selama dua hari. Pada hari Minggu (8/3) kemarin, pihaknya mengajak pemilik motor Bajaj XCD 125 DTS-Si berkeliling kota dengan syarat yang telah ditentukan panitia. “Tangki motor akan dikosongkan terlebih dahulu, lalu diisi masing-masing dengan 1 liter bensin. Jarak tempuh yang harus dicapai peserta adalah 77 km. Siapa yang bensinnya tersisa lebih banyak akan memperoleh hadiah dari panitia,” katanya sembari menyatakan ada 55 peserta yang mendaftarkan diri untuk kegiatan city touring tersebut. (iwan setiawan)

foto : isra triansyah

Tidak ada komentar: