03 September 2012

SFC Siap Tampung Zulkifli Syukur

PALEMBANG – Setelah kehilangan Supardi Nasir yang hengkang ke Persib Bandung, Sriwijaya FC (SFC) langsung mendekati pemain yang tidak dipertahankan Persib, Zulkifli Syukur.
 
Keputusan pelatih dan manajemen Maung Bandung––julukan Persib––mendepak Zulkifli sebenarnya cukup mengejutkan. Pasalnya, penampilan pemain berusia 28 tahun itu cukup baik mengawal sektor kanan lini belakang Persib. Bahkan, si pemain sendiri pun mengaku terkejut. “Sampai sebelum Lebaran, saya masih komunikasi dengan manajer, Pak Umuh Muchtar. Namun, tadi saya baru ditelepon lagi oleh Pak Umuh, mungkin beliau meneruskan pesan dari pelatih bahwa tidak merekomendasikan saya di Persib untuk musim depan. Ya, percuma kalau saya tidak ada dalam skema pelatih, lebih baik saya mundur,” ucap Zul, sapaannya, Sabtu (1/9) malam, dilansir simamaung.com.
 
Zulkifli mengaku sudah mendapat tawaran dari setidaknya tiga klub ISL. Meski begitu, dia belum bersedia membeberkan ke mana tujuannya selepas dari Persib. “Pasti sekarang saya mencari klub baru. Sudah banyak tawaran, Alhamdulillah ada tiga dari klub ISL. Selama ini saya belum kasih harapan apa-apa sama klub-klub itu sebelum ada kejelasan dari Persib. Sekarang sudah lega karena sudah ada kepastian. Tapi maaf, saya belum bisa menyampaikan mau ke klub mana,” tuturnya.
 
Selain Zulkifli, Persib memang sudah dipastikan tidak mempertahankan Budiawan, Wildansyah, Jendry Pitoy, Aliyudin, M Nasuha, dan M Ilham. Empat legiun asing Marcio Souza, Noh Alam Shah, Miljan Radovic, dan Robbie Gaspar juga masuk barisan didepak. Manajer Persib Umuh Muchtar tak menampik jika Zulkifli, M Ilham, Aliyudin, dan M Nasuha sudah tak masuk rencana yang disodorkan Pelatih Djadjang Nurdjaman kepada manajemen. “Selain Zulkifli, Nasuha, Ilham, dan Aliyudin juga tidak masuk tim. Semua keputusan ada di tangan pelatih kepala. Manajemen hanya melanjutkan apa yang diinginkan pelatih,” papar Umuh.
 
Kondisi Zulkifli yang free agent tidak disia-siakan Laskar Wong Kito. Zulkifli pun langsung dikontak dan ditawari bergabung ke juara Indonesia Super League (ISL) musim lalu itu. Tidak tanggung-tanggung, Zulkifli pun diproyeksi masuk skuad inti mengawal lini belakang SFC. “Begitu mendapat kabar Zulkifli dilepas Persib, saya langsung kontak dia. Namun, dia butuh waktu untuk mempertimbangkan tawaran dari SFC. Meski begitu, sinyal dia menerima tawaran SFC cukup bagus,” ujar Direktur Teknik dan SDM PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) Hendri Zainuddin.
 
Menurut Hendri, secara kualitas, Zulkifli tidak kalah dari Supardi. Bahkan, pemain yang turut membawa Arema Indonesia juara ISL 2009/2010 itu merupakan salah satu bek sayap kanan terbaik di Tanah Air sehingga dipastikan kepergian Supardi akan ditutupi dengan kehadiran Zulkifli. “Manajemen akan berupaya maksimal mendaratkan Zulkifli. Dengan begitu, kekuatan yang hilang bisa digantikan dengan yang sepadan bahkan lebih baik. Sebab, selain langganan timnas, Zulkifli juga pernah membela klub besar seperti Arema dan Persib dan menjadi langganan starter di sana. Jadi soal pengalaman tidak diragukan lagi,” ucap Hendri.
 
Selain mendekati Zulkifli, Laskar Wong Kito juga tengah menjajaki transfer pemain yang musim lalu membela Persija Jakarta. Pemain yang akan dibawa ke Palembang adalah Hasyim Kipuw. Bisa ditempatkan sebagai bek sayap ataupun defensive midfielder, Hasyim akan bermanfaat saat Pelatih SFC Kas Hartadi menerapkan pola rotasi. “Kemampuan pemain yang bisa ditempatkan di berbagai posisi tentu akan memudahkan pelatih dalam merotasi pemain. Dengan kemampuan itu pula, peluang pemain yang bersangkutan diturunkan di pertandingan terbuka lebar,” katanya. ● iwan setiawan

Tidak ada komentar: