03 September 2012

DIRAYU KLUB KAYA

PALEMBANG – Gelombang eksodus pemain Sriwijaya FC (SFC) tampaknya belum akan berhenti. Setelah empat pilar hengkang ke Persib Bandung, kini giliran sang ikon Ferry Rotinsulu dikabarkan tengah dirayu klub kaya asal Kalimantan, Mitra Kukar.

Meski belum ada konfirmasi resmi baik dari manajemen maupun sang pemain sendiri, kabar tersebut santer beredar dari komunitas suporter dan jajaran pengurus SFC. Bahkan, saat coba dihubungi wartawan, tidak ada satu pun pengurus bersedia mengklarifikasi kabar tersebut. “Kabar itu belum ketahuan benar atau tidaknya. Jadi, apa yang mau ditanggapi,” ucap Direktur Teknik dan SDM PT Sriwijaya Optimis Mandiri Hendri Zainuddin, kemarin.

Meski begitu, Hendri menyampaikan, Ferry merupakan pemain yang mendapatkan rekomendasi Pelatih SFC Kas Hartadi untuk dipertahankan. Karena itu, dalam waktu dekat pemain bernomor punggung 12 itu akan segera disodori kontrak baru. Selain kemampuannya masih di level atas, pemain kelahiran Palu, 29 tahun lalu, itu merupakan ikon SFC. Ferry merupakan satu-satunya pemain tersisa ketika Persijatim Solo FC di-take over Pemprov Sumatera Selatan pada 2005. “Manajemen berusaha maksimal mempertahankan Ferry karena memang kemampuannya masih dibutuhkan untuk mengawal gawang SFC. Mudah-mudahan Ferry juga bersedia tetap membela SFC musim depan dan selanjutnya,” tutur Hendri.

Hendri menyatakan, pada masa transfer pemain saat ini sah-sah saja sebuah klub menyatakan ketertarikan kepada pemain dari klub lain. Sebab, SFC juga melakukan hal yang sama, yaitu mendekati pemain dari klub lain untuk mengisi skuad yang ditinggalkan pemain lama. Kendati demikian, proses transfer pemain tersebut haruslah sesuai prosedur sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan. “Tidak ada masalah kok kalau transfer pemain itu sesuai prosedur. Sebab, kami juga tidak akan menghalang-halangi pemain yang ingin pindah ke klub lain,” tandas Hendri.
 
Kabar ketertarikan klub lain terhadap kiper timnas Indonesia itu sebenarnya bukan barang baru. Beberapa waktu lalu, Ferry juga santer dikabarkan segera berlabuh ke Persib Bandung. Namun, keputusannya bertahan di SFC berbuah manis dengan direngkuhnya Piala Indonesia ketiga kalinya pada 2010. Bahkan, saat terjadi eksodus pemain setelah Coach Rahmad ’RD’ Darmawan hengkang ke Persija Jakarta, Ferry tetap setia berkostum Laskar Wong Kito. Hasilnya, gelar juara ISL musim lalu melengkapi perolehan Tropi Liga Indonesia (2007/2008), Piala Indonesia (2007/2008,2008/2009,2010), Indonesia Inter Island Cup (2010),dan Indonesia Community Shield (2010) yang dicapainya bersama SFC.

Masihkah Ferry akan bertahan demi mewujudkan rekor meraih gelar lain bersama SFC? Itu pertanyaan yang sulit dijawab. Apalagi jika klub peminat sudah mengiming-imingi si pemain dengan gaji berlimpah.
 
Sebelumnya, trio SFC, yakni Firman Utina, Muhammad Ridwan, dan Supardi sukses dibajak Persib Bandung. Trio Sriwijaya FC tersebut bersedia ke Bandung setelah menyepakati kontrak yang ditawarkan manajemen Persib. Mulai Sabtu (1/9), ketiganya telah habis masa kontrak dengan Laskar Wong Kito. Kesepakatan yang dicapai Persib tersebut makin melengkapi skuad Persib yang diperkuat mantan pemain SFC. Sebelumnya, bek asal Australia Michael Jamie Coyne juga diboyong klub berjuluk Maung Bandung itu setelah tak diperpanjang masa kontraknya dengan SFC. “Keempat pemain ini telah habis masa kontraknya pada 1 September dengan SFC. Mereka sudah deal akan ke Persib. Mereka masih ada sedikit urusan dengan klub lamanya,” ungkap Pelatih Persib Djadjang Nurdjaman. ● iwan setiawan

Tidak ada komentar: