02 Oktober 2011

Perwakilan KONI Daerah Dapat Pembekalan SEA Games

PALEMBANG – Indonesia SEA Games Organizing Committee (Inasoc) Sumsel bekerja sama dengan KONI Sumsel kembali menggelar pembekalan bagi pengurus KONI Kabupaten/Kota di Sumsel yang akan terlibat langsung maupun tidak langsung pada gelaran SEA Games XXVI, November mendatang.

Pembekalan yang dilakukan kemarin di ruang pertemuan The Jayakarta Daira Hotel Palembang itu ditujukan bagi perwakilan KONI Kabupaten/Kota di Sumsel. Dibuka oleh Wakil Sekretaris Inasoc Sumsel Harun Al Rasyid, pembekalan itu menghadirkan narasumber berkompeten di bidang masing-masing. Dalam forum dialogis, para peserta pembekalan diberikan gambaran mengenai fungsi dan tugas selama pelaksanaan SEA Games mendatang.

“Pembekalan ini diberikan kepada perwakilan KONI Daerah agar mereka paham mengenai fungsi dan tugas apa yang harus dikerjakan selama SEA Games nanti,” ujar Harun, saat membuka Pembekalan Panitia Inasoc Sumsel Bagi Pengurus KONI Kabupaten/Kota di Sumsel kemarin.

“Karena sejak awal Inasoc Sumsel sudah berkomitmen melibatkan perwakilan KONI dan Dispora setiap daerah di Sumsel. Namun, mereka yang kami pilih adalah tenaga fungsional karena tugas yang dijalankan nanti sifatnya operasional,” lanjutnya.

Sesi pertama para peserta diberi pembekalan seputar pertandingan dan kompetisi yang disampaikan Djumadin Syafril. Pada sesi ini, peserta diberi pengetahuan umum mengenai bagaimana melihat jadwal pertandingan yang benar dan menyusunnya dalam agenda, sistem pertandingan, nomor-nomor yang dimainkan, serta jumlah personel panitia di setiap cabang olahraga.

Selanjutnya para peserta diberikan pengarahan oleh bidang protokol yang disampaikan Mukti Sulaiman. Bagi panitia yang bertugas di bidang ini nantinya diberi pembekalan mengenai prosedur penyambutan dan penjemputan tamu negara. Kemudian berlanjut pada pengurusan akreditasi, pengesahan paspor, transportasi, akomodasi, hingga ke liaison officer (LO).

Sesi berikutnya,Deputi IV Inasoc Sumsel Ahmad Rizal yang membawahi bidang pemasaran dan promosi SEA Games XXVI memberi masukan kepada para peserta seputar kegiatan promosi yang telah dilaksanakan sebelumnya. Bukan hanya itu, Rizal juga meminta perwakilan KONI Kabupaten/Kota untuk berkoordinasi dengan pemda setempat untuk lebih menyemarakkan SEA Games.

Bidang upacara penghormatan
pemenang (UPP) yang menghadirkan Afianto sebagai pembicara membahas mengenai tata cara yang digunakan saat UPP. Menurut dia, hal itu penting diketahui karena bisa saja bupati/wali kota masing-masing daerah ditunjuk sebagai pejabat kehormatan yang mengalungkan medali kepada para atlet pemenang pertandingan.

Sementara itu, Ketua Inasoc Sumsel melalui Ketua Pelaksana Pembekalan Panitia Inasoc Sumsel Asdit Abdullah mengatakan, kegiatan serupa akan terus dilakukan dan melibatkan pihak terkait dengan pelaksanaan SEA Games. Tujuannya agar saat pelaksanaan SEA Games nanti semua sudah tahu fungsi dan tugas masing-masing. ●iwan setiawan

Tidak ada komentar: