11 April 2009

Saksi dan Pemantau Kecele

Rekapitulasi Surat Suara dari TPS Baru Dimulai Hari Ini

PALEMBANG (SI) – Proses rekapitulasi surat suara dari tempat pemungutan suara (TPS) baru akan digelar panitia pemilihan kecamatan (PPK) hari ini. Banyak saksi dan pemantau dari partai politik yang kecele. Sebab, sejak kemarin, sudah banyak saksi maupun pemantau dari partai politik (parpol) yang berdatangan ke sekretariat PPK untuk menanyakan hasil rekapitulasi.

Mereka yang datang adalah saksi dari parpol maupun utusan caleg tertentu. Dari sekian banyak yang datang ke PPK, ada yang terang-terangan mengenakan kemeja parpol dan caleg yang mereka usung, tetapi tidak sedikit yang menutupi identitasnya. Mereka bahkan mengaku sebagai warga biasa yang hendak mengetahui hasil penghitungan pemilu legislatif, Kamis (9/4). Tetapi, karena proses rekapitulasi belum dimulai, mereka pun harus pulang dengan tangan hampa.

Seperti yang dialami Yanti, 35, kader Partai Amanat Nasional (PAN), yang ditemui SI di Sekretariat PPK Kalidoni. Dia mendatangi PPK Kalidoni untuk mengetahui perolehan suara parpol dan caleg dari partainya. Sebab, saat mendatangi PPS, dia diminta untuk menanyakan hasil rekapitulasi kepada PPK. “Kami sudah mendatangi PPS, tetapi kata petugas di sana sudah dibawa ke PPK, makanya kami kejar ke sini,” ujarnya kemarin.

Namun, ketika anggota PPK Kalidoni menjelaskan bahwa proses rekapitulasi baru akan dilaksanakan hari ini, Yanti seolah tidak percaya. Setelah dipersilakan memeriksa aktivitas di PPK, di mana belum ada proses rekapitulasi, akhirnya dia percaya. “Saya agak ngotot tadi karena sedang menjalankan tugas partai untuk memantau penghitungan dan rekapitulasi suara. Tetapi, setelah dijelaskan bahwa baru besok (hari ini) rekapitulasinya, ya, besok saja datang lagi,” ucapnya.

Kejadian serupa terpantau di beberapa PPK, seperti PPK Sako, Sematang Borang, dan Ilir Timur II. Namun, setelah dijelaskan anggota PPK bahwa proses rekapitulasi baru digelar Sabtu pagi, belasan saksi dan pemantau yang berdatangan ke sekretariat langsung pulang.

Ketua PPK Kalidoni Heriyon mengatakan, setelah seluruh kotak suara masuk ke PPK, dilanjutkan dengan melakukan rekapitulasi surat suara dari tiap TPS. Namun, karena masih ada beberapa KPPS yang belum menyelesaikan tugasnya, proses rekapitulasi menjadi terhambat. Mengenai banyaknya saksi yang berdatangan ke sekretariat PPK untuk menanti rekapitulasi, dia nilai sebagai hal yang wajar. Sebab, bagaimana pun peran pengawasan dari para saksi parpol sangat dibutuhkan dalam menjaga hasil penghitungan suara agar tetap jujur dan adil. “Hari ini (kemarin) memang belum ada rekapitulasi. Sebab, beberapa TPS belum selesai melakukan penghitungan. Sesuai rencana, malam ini (tadi malam) seluruh surat suara masuk ke PPK dan besok (hari ini) baru akan dilakukan rekapitulasi,” tuturnya.

Di sisi lain, Heriyon menyatakan, semua pihak sudah berbuat maksimal untuk menyukseskan pemilu legislatif sehingga tidak adil rasanya jika saling menyalahkan antara satu sama lain. “Hambatan yang terjadi di lapangan juga terjadi di banyak daerah, bukan hanya di sini,” tandasnya.

Karena itu, pihaknya minta diberi ruang untuk menjalankan tugas dengan baik agar hasil rekapitulasi nanti juga bisa baik dan tidak terjadi praktik kecurangan yang akan merugikan pihak-pihak tertentu. (iwan setiawan)

Tidak ada komentar: