23 Januari 2009

4.500 Pelanggan Speedy Offline

PALEMBANG (SINDO) – Ribuan pelanggan internet berlangganan Speedy dari Telkom mengeluhkan putusnya koneksi sejak pagi kemarin.

General Manager PT Telkom Tbk Kandatel Sumbagsel Muchlis mengatakan, putusnya koneksi tersebut disebabkan adanya kerusakan pada server Speedy. Kerusakan itu menyebabkan pelanggan yang sehari-hari dilayani STU Palembang Centrum tidak bisa dilayani. Namun, pihaknya terus melakukan perbaikan agar koneksi internet bisa terhubung kembali. Dia menjelaskan, kerusakan terdeteksi pada Kamis (22/1) pukul 00.30 WIB. ”Perbaikan fokus dilakukan dari (kemarin) pagi. Kami targetkan pukul 17.00 WIB sudah bisa tersambung koneksi internet bagi pelanggan,” ujarnya kemarin.

Menurut Muchlis, STU Palembang Centrum melayani hingga 4.500 pelanggan. Dengan adanya kerusakan ini, seluruh pelanggan tidak bisa mengakses internet melalui fasilitas internet berlangganan dari Telkom itu. ”Telkom mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan atas kejadian ini. Tapi, kami berusaha mengatasi kerusakan secepat mungkin,” tuturnya.

Ditemui terpisah, Andre, penjaga Warung Internet (Warnet) JhonNet di Jalan Angkatan 45, mengaku kerusakan yang terjadi pada jaringan Speedy sangat merugikan pihaknya. Sebab, warnetnya menjadi sepi karena para pelanggannya tidak jadi browsing atau chatting. ”Biasanya dalam satu hari bisa sampai 150 orang yang ngenet di sini. Tapi karena ada kerusakan jaringan, hingga pukul 18.00 WIB ini hanya 20 orang yang datang. Itu pun main game online,” ucapnya.

Dia telah berulang kali menelepon Telkom untuk menanyakan persoalan jaringan yang rusak ini. Namun, pihak Telkom menjawab tidak tahu waktu yang dibutuhkan untuk perbaikan kerusakan yang terjadi. ”Meski dari sisi bisnis dirugikan, kami sebagai konsumen tidak bisa berbuat apa-apa karena kami hanya menggunakan jaringan dari Telkom ini,” tukasnya seraya berharap perbaikan jaringan Speedy bisa cepat selesai.

Dihubungi SINDO pada pukul 21.00 WIB, Muchlis menjelaskan, proses perbaikan baru mencapai 23%. Hal itu disebabkan kerusakan yang terjadi lebih parah dari yang diperkirakan. Selain itu, beberapa komponen yang dibutuhkan harus didatangkan dari Jakarta sehingga waktu pengerjaan menjadi lebih lama. Menjelang malam, beberapa wilayah sudah bisa online Speedy, seperti wilayah Sungai Buah, Plaju, Kenten, Bukit Besar. ”Untuk wilayah dengan radius 2 km dari Telkom A Rivai, kemungkinan besar baru bisa menyala besok (hari ini). Bagi pelanggan yang mendesak pemakaian internetnya, kami sarankan untuk menggunakan Telkomnet Instan atau fasilitas PDN menggunakan Flexi,” tandasnya. (iwan setiawan)

Tidak ada komentar: