10 Oktober 2008

Perdagangan Emas di Palembang Stabil

PALEMBANG (SINDO) – Perdagangan emas di Palembang relatif stabil dan belum terkena dampak signifikan dari krisis finansial yang melanda Amerika Serikat (AS).

     Pimpinan Toko Emas Laris di Jalan TP Rustam Effendi Jacky mengungkapkan, krisis finansial yang terjadi di AS cukup berpengaruh terhadap harga emas dunia. Aktivitas perdagangan emas di beberapa sentra toko emas, seperti di Jalan TP Rustam Effendi, masih relatif normal. Bahkan, pasca Lebaran terjadi peningkatan pembelian emas. Kebanyakan yang melakukan pembelian adalah keluarga atau pasangan yang akan melangsungkan pernikahan. Menurut Jacky, pemesanan didominasi perhiasan untuk mahar pernikahan, seperti cincin, kalung, gelang, dan anting-anting. “Lumayan, pembelian emas meningkat pasca Lebaran kemarin,” katanya kemarin.

     Dihubungi terpisah, pengamat ekonomi dari Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) Amidi mengatakan, terdapat dua faktor terkait perkembangan harga emas, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor eksternal terkait dengan fluktuasi harga di pasar internasional, sedangkan faktor internal sendiri lebih mengarah kepada perilaku konsumen. ”Saat ini krisis finansial terjadi di AS telah merontokkan banyak perbankan di negara lainnya. Akibatnya, nilai mata uang berbagai negara yang berpatokan pada dolar melemah signifikan. Hal itu menyebabkan harga komoditas juga semakin melambung tidak terkecuali emas,”tuturnya. (iwan setiawan)

halaman 22

Tidak ada komentar: