23 Oktober 2008

Juve Tepis Krisis


Juve krisis?

Hal itu sama sekali gak tampak saat mereka meladeni jagoannya Liga Champions Eropa Real Madrid. Bermain menyerang sejak kick off babak pertama ditiupkan, anak-anak Turin langsung mengurung pertahanan Real. Alhasil defender Los Galacticos kelabakan mengantisipasi serangan bervariasi dari La Vecchia Signora.

Setelah beberapa kali mengancam gawang Iker Casillas, gol pertama Juve lahir dari sang maskot Alessandro Del Piero ketika pertandingan memasuki menit ke-5. Melalui sebuah serangan balik cepat, bola yang digiring Alex disodorkan kepada Amauri lalu diumpan ke ruang kosong antara bek lawan. Alex yang mengejar bola itu dan melihat posisi Casillas telah maju langsung menghujamkan tendangan keras dan terukur dengan kaki kanannya. Kiper nomor satu Real itu pun hanya diam terpaku melihat bola meluncur deras ke sisi kiri atas gawangnya. GOOOOAAAALLLL!!!

Sejak gol itu, permainan semakin menarik. Serangan silih berganti dilancarkan dua tim tradisional di kejuaraan paling prestisius tingkat klub tersebut. Real yang turun dengan pemain bintangnya berganti mengurung daerah Si Nyonya Tua. Namun ketangguhan pemain bertahan dan para gelandang Juve tidak tergoyahkan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua dengan unggul satu gol tidak melemahkan serangan pemain Juventus. Terbukti dari sebuah skema serangan dari sayap kiri yang dilancarkan pemain veteran Pavel Nedved, pada menit 49 Amauri berhasil memaksimalkan umpan silang The Czech Cannon menjadi gol kedua The Old Lady. Gol itu disambut histeria ribuan pendukung setia Juve yang memadati Stadion Olimpico Grande Torino Selasa (21/10) malam.

Unggul dua gol membuat para pemain semakin lepas bermain. Kondisi sebaliknya terjadi di kubu anak asuh Bernd Schuster itu. Kepanikan sempat melanda Raul cs dan mulai memeragakan permainan keras. Benturan demi benturan antar pemain semakin sering terjadi. Namun variasi pemain muda dan berpengalaman yang diturunkan Claudio Ranieri berhasil menahan gempuran barisan penyerang Real Madrid yang tidak ingin dipermalukan tim yang diberitakan tengah dilanda krisis.

Kerja keras juara Spanyol itu membuahkan hasil pada menit ke-66, saat sundulan Ruud van Nistelrooy menyambut umpan silang Heinze dari sayap kiri, bersarang di pojok kanan gawang Juventus yang dikawal Alex Manninger. Pada sisa waktu pertandingan setelah gol Nistelrooy itu, Madrid sangat dominan. Tetapi, Los Blancos sangat kesulitan menembus rapatnya pertahanan Juventus, yang akhirnya memetik kemenangan pertama di bulan Oktober ini.

Dengan tiga poin yang diamankan pada laga sarat gengsi itu membuat Bianconeri memimpin klasemen sementara Grup H Liga Champions 2008-2009 dengan total tujuh angka dari tiga pertandingan. Mereka unggul satu poin dari Madrid yang harus turun satu strip setelah menuai kemenangan di dua partai sebelumnya.

Bravo Juve!!!

Susunan pemain

Juventus: Alexander Manninger; Giorgio Chiellini, Nicola Legrottaglie (Olof Mellberg 45'), Christian Molinaro, Zdenek Grygera; Claudio Marchisio (Hasan Salihamidzic 38'), Mohamed Sissoko, Pavel Nedved, Marco Marchionni; Alessandro Del Piero, Carvalho De Oliveira Amauri (Vincenzo Iaquinta 78')

Real Madrid: Iker Casillas; Fabio Cannavaro, Pepe, Gabriel Heinze, Sergio Ramos; Fernando Gago, Wesley Sneijder, Rafael Van der Vaart (Royston Drenthe 76); Raul, Ruud van Nistelrooy, Gonzalo Higuain (Arjen Robben 54')


Tidak ada komentar: