12 Februari 2009

Pasar Sentosa Belum Ditempati

PALEMBANG (SINDO) – Meski pengerjaan Pasar Sentosa telah selesai dan siap digunakan. Namun hingga kini bangunan pasar permanen tersebut belum juga ditempati para pedagang.

Selama ini aktivitas pasar yang berada di Jalan Sentosa Kelurahan Plaju Ulu, Kecamatan Plaju, dan Kelurahan Sentosa, Kecamatan SU II, sering menyebabkan kemacetan dan kesemrawutan lingkungan di sekitar pasar. Pasalnya para pedagang masih menggunakan lapak-lapak semi permanen dan menempati hingga badan jalan. Air buangan dagangan dan sampah yang berserakan sering dibiarkan begitu saja, sehingga membuat pemandangan di pasar tradisional yang dikelola pihak koperasi itu menjadi tidak enak dipandang.

Untuk membuat kondisi tersebut lebih baik, Pemkot Palembang melalui PD Pasar Palembang Jaya membangun tempat berdagang yang lebih representatif. Namun entah mengapa, setelah bangunan tersebut jadi, para pedagang masih belum menempatinya. Berbagai isu muncul seputar kondisi yang terjadi ini. Salah satunya adalah mahalnya biaya sewa yang harus dibayar pedagang jika menempati pasar yang baru. “Bukan rahasia umum lagi kalau menempati pasar baru itu kita harus bayar sewa lebih tinggi dari yang sekarang. Jumlahnya bahkan bisa dua sampai tiga kali lipat dari retribusi yang kita bayar sekarang,” ucap Marni, seorang pedagang Pasar Sentosa.

Adanya kenaikan biaya sewa itu dibantah Camat Plaju Yunan Helmi. Menurut Yunan, belum ditempatinya pasar baru itu karena memang belum diserahkan oleh Pemkot Palembang. Bahkan dia mengaku, tidak mengetahui ada informasi kenaikan biaya sewa yang meresahkan pedagang. (iwan setiawan)

Tidak ada komentar: