21 Januari 2009

Aksi Solidaritas Palestina Terus Bergulir

Sejumlah pelajar memainkan teatrikal korban keganasan agresi Israel terhadap Palestina.

PALEMBANG (SINDO) – Memasuki pekan ketiga, serangan Israel ke Palestina belum juga berhenti. Aksi dukungan dari masyarakat dunia pun terus mengalir. Salah satunya datang dari ratusan pelajar dan mahasiswa yang tergabung dalam Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kota Palembang.

Bertempat di Bundaran Air Mancur (BAM), kemarin ratusan pelajar dari Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) menggelar aksi damai solidaritas untuk Palestina. Aksi yang dimulai pukul 15.00 WIB itu ditandai dengan pembagian leaflet oleh para mahasiswa kepada para pengendara kendaraan yang melintas di sekitar BAM. Selain itu, beberapa pelajar putri berdiri mengelilingi BAM sambil membentangkan poster bertuliskan dukungan terhadap masyarakat Palestina serta seruan damai atas konflik yang telah menewaskan ribuan orang tersebut.

Dalam orasinya, koordinator aksi Ahmad Kabul menyatakan, agresi Israel ke Palestina merupakan tragedi kemanusiaan yang sangat kejam. Apalagi, kebanyakan korban yang jatuh merupakan masyarakat sipil yang mayoritas terdiri atas wanita dan anak-anak. Dalam serangannya yang membabi buta, Israel bukan saja membunuh warga yang tidak terlibat dalam perseteruan yang terjadi. Namun, dengan bom-bomnya, Israel juga telah menghancurkan berbagai infrastruktur yang ada di Jalur Gaza. “Meski (Israel) menyatakan gencatan senjata dan akan menarik pasukannya dari (Jalur) Gaza, lihatlah kondisi kota itu (Kota Gaza) hancur lebur. Selain mengakibatkan korban meninggal dunia, serangan demi serangan yang dilancarkan Israel juga membuat warga yang hidup serba kesulitan,” ucapnya semangat di hadapan para peserta aksi.

“Selain mengumpulkan dana dari masyarakat, kami juga sudah menggalang dana di kampus dan sekolah Muhammadiyah,” tutur Hendra Febrianto, salah seorang pengurus Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kota Palembang. (iwan setiawan)

foto : mushaful imam

Tidak ada komentar: