06 Desember 2008

PTSB Bangun Pabrik Baru

PALEMBANG (SINDO) – PT Semen Baturaja (Persero) berencana menambah kapasitas produksinya dengan membangun pabrik baru.

Hal itu diungkapkan Direktur Umum PTSB (Persero) Anas Rosyidi dalam rapat kerja dengan anggota Komisi II DPRD Sumsel, Jumat (5/12). Menurut Anas, pihaknya sedang mencari lahan yang cocok untuk pembangunan pabrik baru tersebut. Selain dekat dengan sumber bahan baku batu kapur, manajemen juga mempertimbangkan permasalahan transportasi. “Luas lahan yang dibutuhkan minimal 300 ha. Sampai sekarang belum ketemu lokasi idealnya. Yang pasti, kami cari di sekitar Sumsel saja,” ujarnya kemarin.

Pabrik baru itu nantinya akan didesain dengan kapasitas produksi mencapai 1,5 juta ton per tahun. Sementara, estimasi awal biaya yang dibutuhkan mencapaiRp 4,5 triliun. Dana itu diharapkan bisa diperoleh dari initial public offering (IPO) yang sedang dipersiapkan manajemen PTSB. “Kami masih menunggu perkembangan proses IPO dari Menneg BUMN. Kalau sudah selesai dan go public, dana itulah yang akan kami gunakan untuk pengembangan usaha, termasuk membangun pabrik baru,” paparnya.

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Sumsel Agus Sutikno menyambut positif usulan pembangunan pabrik baru semen di Sumsel. Selain menjamin ketersediaan semen di Sumsel ke depan, pabrik tersebut tentunya bisa menyerap tenaga kerja lokal. (iwan setiawan)


Tidak ada komentar: